Jan
08
2017
Blog image 1

Kajian SKB: Asma Al Mumit

By Administrator | 0 Viewers

BOGOR – Ahad (10/4/016) Masjid Andalusia kembali menggelar kajian Sukses Kaya Bahagia (SKB). Aktivitas pengajian rutin yang diadakan setiap bulan pekan kedua ini terbuka untuk umum dan juga dihadiri oleh staff dan mahasiswa STEI Tazkia matrikulasi.

SKB kali ini diisi oleh Ust Abdul Mughni Lc, M.Hi yang bertindak sebagai pengganti Dr Muhammad Syafii Antonio. Adapun tema yang diangkat adalah Asma Al Mumit yang berarti yang Maha Mematikan. Pada SKB ini juga turut hadir Hidayat Achyar sebagai pembicara.

“Akar kata Al Mumit adalah maut, yang arti dasarnya adalah hilangnya kekuatan/potensi sesuatu. Allah Al Mumit adalah dzat yang kuasa mencabut nyawa para hambanya,” ujar Mughni menjelaskan.

Kematian, lanjut Mughni, adalah akhir dari kehidupan dunia. Dengan adanya kematian, fungsi ujian yang menjadi alasan diciptakannya manusia menjadi jelas. Allah menjelaskan dalam surat Al Mulk ayat: 2

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” (QS Al Mulk; 2)

Sementara itu, Hidayat Achyar pada SKB ini banyak berbicara mengenai sejarah awal pendirian bank Muamalat. Achyar merupakan salah seorang yang turut andil menyusun konsep akad-akad pada bank Muamalat. Disamping itu, Achyar juga menerangkan bahwa agama islam sangat menganjurkan umatnya untuk berdagang.

“Agama Islam mengajarkan kita untuk berdagang dan kerja. Dalam Al-Qur’an banyak kiasan perniagaan. Misal, untung, merugi dan sejenisnya. Dagang itu istilah yang sangat erat dalam Al-Qur’an,” kata Achyar ketika memberikan penjelasan. (jn)