Bisnis Dan Kewirausahaan
Elm

Bisnis dan Kewirausahaan
The Super Leader Super Manager

Banyak orang ingin sukses dalam hidup dan bisnis tetapi melanggengkan cara hidup dan kebiasaan kebiasaan orang gagal. Banyak orang berhasil namun dengan menempuh cara tidak halal. Rasulullah Saw mengajarkan kebiasaan sukses. Ia mencontohkan bagaimana membangun jiwa entrepreneurship, bagaimana strategi memulai bisnis  dengan minim modal. Bagaimana membangun kepercayaan para investor dan mitra usaha. Ia memilih komoditi yang laku di pasaran. Ia menjelajahi pasar-pasar regional Jazirah Arabia. Tatkala menjadi nabi ia menetapkan kebijakan ekonomi politik yang mampu yang mampu mampu menopang lahir dan berkembangnya suatu peradaban baru. Ia membangun Baitul Mal (Federal Reserve). Ia mengadopsi mata uang anti inflasi. Ia menyatakan perang terhadap korupsi dan penyelewengan. Ia mendorong kreatifitas dan innovasi dalam berbagai bidang industri dan perdagangan global. Ia mengajarkan ummatnya untuk hidup kaya dalam taqwa, zuhud dalam keberlimpahan, mandiri serta memberdayakan sesama.


"Sesungguhnya harta itu hijau dan manis. Maka barang siapa mengambilnya dengan jiwa yang mulia dia akan mendapatkan keberkahan padanya. Dan barangsiapa mengambilnya dengan jiwa yang tamak, dia tidak diberkahi padanya dan bagaikan orang yang makan tetapi tidak pernah merasa kenyang."(HR. Bukhari, No. 1472)


"Ya allah aku berlindung kepadamu dari kefakiran dan kekufuran." (HR. An Nasa'i, No. 1347)


"Mencari rezeki yang halal adalah kewajiban setelah kewajiban melaksanakan fardhu fardhu lainnya."(HR. Riwayat Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman No. 1191, Hadits ini Shahih dalam As Silsilah As Shahihah No. 2607)


"Sesungguhnya Allah SWT sangat senang dengan seorang hamba yang melakukan suatu tugas secara itqan." (HR. Al Baihaqi, dalam kitab Syuabu'lima'n, No. 5080) Dalam terminologi Islam, Itqan berarti doing the job at the best possible quality, melakukan suatu tugas dengan kualitis terbaik.