Manajemen Dakwah
Elm

Jumlah kaum Muslimin yang tidak kurang dari 1,3 Milyar orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Berbondong bondongnya orang Amerika, Eropa dan China untuk mengkaji dan memeluk Islam serta rasa cinta ummat yang begitu besar terhadap utusan Allah ini adalah bukti yang tidak terbantahkan dari kesuksesan Manajemen Dakwah Rasulullah Saw. Ia mengajak manusia untuk menempuh jalan hidayah, jalan yang luruh, lempang dan terang benderang. Ia mengajarkan manusia untuk memikirkan makna dan tujuan hidup, apa yang harus dilakukan saat hidup dan apa yang akan dibawa setelah berakhirnya hidup. Diatas itu semua ia mengajarkan dunia tentang kebebasan beragaman. Tidak ada paksaan dalam memilih pedoman hidup. Ia mengajarkan hidup rukun dan toleransi dengan ummat pemeluk agama lain.


"Apakah Manusia tidak memerhatikan bahwa kami menciptakannya dari setitik (mani), maka tiba-tiba ia menjadi penentang yang nyata! Dan dia membuat perumpaan bagi kami dan dia lupa kepada kejadiannya. Dia berkata, 'Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?' Katakanlah, 'Ia akan akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya. Dan dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk.'"(Qs. Yasin (36): 77-83)


"Empat tahun setelah kematian Justinian, 569 M, lahir di Mekkah di tanah Arab, seorang yang memberikan pengaruh terbesar bagi ummat manusia, Orang itu adalah... Muhammad"(John William Draper, A History Of The Intellectual Developement Of Europe, London, 1857)


"Sesungguhnya kami mengetahui bahwa apa yng mereka katakan itu menyedihkan hatimu, (Janganlah kamu bersedih hati) karena mereka sebenarnya bukan mendustakanmu, tetapi orang-orang zalim itu mengingkari ayat-ayat Allah."(Qs. Al An'am(6): 33-34)


"Mereka tidak melihat bahwa satu-satunya senjata Muhammad adalah kemurahan hati, petunjuk, persahabatan, kemauan untuk memaafkan senjata yang menaklukan musuh-musuhnya dan membersihkan hati mereka. Senjata itu lebih tajam daripada pedang baja."(Pandit Gyanandara Dev Sharma Shastri, Gorakhpur,1928)