Kepemimpinan Sosial Dan Politik
Elm

Social & Political Leadership

Masyarakat madinah adalah masyarakat yang kompleks sangat hetrogen. Didalamnya ada kaum pendatang (Muhajirin) dan penduduk asli. Diantara penduduk asli ada Muslim (Anshar) dan banyak juga yang non-Muslim. Dikalangan Muslimpun ada yang benar-benar tulus tetapi tidak sedikit juga yang munafik dibawah pimpinan Abdullah Ibn Ubay Ibn Salul. Dikalangan non-Muslim ada yang menganut Paganisme, Nashari dan Yahudi. Kaum paganisme memiliki raja nya sendiri Ka'ab  Ibn Ashraf. Yahudi pun bersuku suku seperti Bani Nadhir, Bani Quraidzah dan Bani Qunaiqa'. Pertanyaannya bagaimana Rasulullah Saw mengendalikan kerukunan dan keharmonisan Madinah. Belum lagi Ia harus menjalin hubungan diplomasi dengan para pimpinan regional Jazirah. Waspada terhadap ancaman Romawi dan Kisra serta berhati hati dengan serangan kaum Quraisy.


Jika ada agama yang berpeluang menguasai Inggris bahkan Eropa beberapa ratus tahun dari sekarang, Islamlah agama tersebut .(Sir George Bernard Shaw, Genuine Islam 1936)


Dia meperlakukan kawan dan orang asing, orang kaya dan orang miskin, orang kuat dan orang lemah, dengan cara yang adil. Dia dicintai oleh rakyat jelata karena dia menerima mereka dengan kebaikan hati dan mendengarkan keluhan-keluhan mereka.,, Ketika dia memiliki kekuasaan yang amat besar, ia tetap sederhana dalam sikap dan penampilannya, sama seperti ketika dia dalam keadaan sengsara .." (Washington Irving, Life Of Mohamet (London:1889))


Rasulullah Saw bersabda kepada 'Abdurrahman bin Samurah, "Wahai Abdurrahman, janganlah kamu sekali kali meminta jabatan. Jika kamu memegang jabatan itu tanpa kamu minta, kamu akan diberi pertolongan untuk melaksanakannya. Namun, Jika jabatan itu diberikan kepadamu karena kamu minta, dirimu akan terbebani karenanya"(H.R. Al-Bukhari, no.6622)