Sang Pembelajar Dan Guru Peradaban
Elm

Learner Educator

Rasulullah adalah pembelajar sejati dan guru besar peradaban dunia. Meski tumbuh dikalangan yang minim praktek baca tulis, Rasulullah adalah pembelajar yang cepat. Ia belajar dari pasar, belajar dari perjalanan dagang dan belajar dari alam. Dengan bimbingan khusus Allah Swt melalui malaikat Jibril Rasulullah dalam waktu cepat menjadi insan dan Nabi yang cerdas dan Knowledgeable. Nabi mengajarkan mulianya ilmu dan urgensi ilmu untuk mencapai kesuksesan dunia akhirat. lebih dari itu iapun memberikan puluhan teladan "holistic learning method". Bahwa proses belajar mengajar yang efektif memerlukan scanning & levelling, active interaction dan learning conditioning. Belajar baru membuahkan hasil jika ada stroy telling, analogy & case study, body language, self reflection, focus & point basis dan affirmation & repetition.


"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim."(H.R Ibnu Majah, sahih, no 224)


"Ilmu adalah warisan para nabi. Para nabi tidak mewariskan emas atau pun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak." (H.R Abu Dawud, sahih, no. 12720)


"Rasulullah Saw juga membuat diagram, Ia pernah membuat garis berupa garis bujur sangkar, lalu membuat garis dibagian tengah ,,,,"ini adalah manusia. Ini ajalnya, yang mengitari dirinya. Ini adalah orang yang keluar dari cita-citanya, sedangkan garis yang kecil ini adalah rintangan-rintangan. Jika ia salah melangkah disini, garis ini akan memotongnya. Jika ia melakukan kesalahan di sini, garis ini akan memotongnya." (H.R. Al-Bukhari no.6417)